My Way (마이웨이)

My Way (Hangul: 마이웨이) adalah film asal Korea Selatan yang menampilkan Jang Dong-gun dengan aktor Jepang, Joe Odagiri dan aktris Cina, Fan Bingbing. Disutradarai oleh Kang Je-gyu, film bergenre perang dengan budget 30 miliar Won ($25.5 juta) yang awalnya berjudul D-Day ini, pertama kali tampil di Busan International Film Festival 2011.

Rilis: 21 Desember 2011 (Korea Selatan)/14 Januari 2012 (Jepang)

Plot

Selama pendudukan Korea oleh Jepang pada tahun 1928, Tatsuo (Odagiri) tiba bersama orang tuanya di Seoul dimana kakek Tatsuo ditempatkan sebagai pejabat militer di sana. Di rumah kakeknya, Tatsuo bertemu Joon-Sik (Dong-gun) yang bersama adik dan ayahnya bekerja dan tinggal di rumah resmi Jepang. Tatsuo dan Joon-sik sangat suka berlari, dan sejak itulah mereka mulai bersaing sebagai pelari maraton.

Suatu hari, Tatsuo memenangkan lomba maraton di sekolahnya dan untuk merayakan kemenangan itu, pesta diadakan di rumah kakeknya. Joon-Sik dan keluarganya menyajikan makanan selama pesta. Seorang pria kemudian datang kepada ayah Joon-sik dengan sebuah kotak kecil, lalu memintanya untuk diberikan sebagai hadiah untuk Tatsuo. Ayah Joon-Sik kemudian menyerahkan hadiah tersebut kepada Tatsuo di depan semua tamu. Tatsuo membuka kotak, dan mengeluarkan sebuah boneka kecil. Kemudian terdengar suara ‘klik’. Kakek Tatsuo yang sadar langsung meraih boneka itu, yang kemudian terjadilah ledakan besar.

Kakek Tatsuo meninggal dan ayah Joon-sik kemudian ditangkap oleh polisi (setelah bebas, keadaan ayah Joon-sik sudah berbeda. Dia dipukuli dan telah lumpuh). Joon-sik dan keluarganya juga diusir dari rumah Tatsuo itu. Tatsuo juga menunjukkan pedang di Joon-Sik dan memperingatkan dia untuk tidak pernah menyeberangi jalan lagi.

Waktu berlalu dan Joon-sik menghidupi keluarganya dengan bekerja sebagai seorang penarik becak. Sebuah kualifikasi lomba maraton akan diadakan untuk Olimpiade mendatang, tetapi Korea tidak diizinkan untuk berpartisipasi. Sebuah konferensi pers diadakan untuk pertandingan kualifikasi dimana Tatsuo juga turut hadir. Pelari maraton Korea Son Ki-jung, pemenang dari Olimpiade Berlin, yang tidak terima keputusan itu menuntut agar pelari Korea diizinkan untuk bersaing dalam kualifikasi tsb. Son Ki-jung berhasil sampai ke konferensi pers atas bantuan Joon-sik, yang menumpangi becaknya dan berlari dengan kecepatan luar biasa. Selama konferensi pers Joon-sik meminta untuk ikut dalam pertandingan.

Sementara itu, Tatsuo tumbuh di bawah pengaruh kakeknya yang perwira militer. Tatsuo sangat loyal kepada Kaisar Jepang dan bersedia mati untuk negaranya, berbeda dengan ayahnya yang seorang dokter dan percaya bahwa kehidupan manusia lebih penting daripada perang. Ayah Tatsuo menginginkan agar Tatsuo mengikuti jejaknya dan menjadi dokter, tapi Tatsuo menolak.

Son Ki-jung yang tiba di rumah Joon-sik memberikan kabar baik bahwa dia diizinkan untuk mengambil bagian dalam pertandingan kualifikasi Olimpiade.

Perlombaan berlangsung dengan dukungan besar dari Korea dan Jepang pada pelari favorit mereka. Menjelang garis finish, Tatsuo yang memimpin tipis atas Joon-sik, tersusul sebelum akhirnya Joon-sik terlihat melintasi garis finish lebih dulu. Namun, si pemimpin acara menyatakan Tatsuo sebagai pemenang. Joon-sik protes di depan direktur maraton, tetapi dipukuli oleh penjaga terdekat. Huru-hara terjadi kemudian dengan cepat. Orang-orang Korea yang melawan para penjaga Jepang kemudian ditangkap, termasuk Joon-sik. Mereka kemudian dihukum menjalani wajib militer sebagai tentara Jepang.

Akhirnya Joon-sik dan warga Korea lainnya harus berjuang untuk Angkatan Darat Kekaisaran Jepang di Cina. Suatu hari, mereka berkumpul untuk menyambut seorang kolonel Jepang baru untuk unit mereka. Dan ternyata orang tersebut adalah Tatsuo.

Cast

source: asianmediawiki.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s